Sabtu, 28 September 2013

Reverse Proxy Menggunakan Delegate

Hari ini mau tulis tentang reverse proxy ssl menggunakan delegate. Sedikit penjelasan tentang reverse proxy, yakni mengambil sumber daya atas nama client ke server. Lalu mengembalikan lagi ke client seolah-olah itu dari server. Dan biasanya sebagian data yang diambil dari server itu disimpan di cache, untuk selanjutnya digunakan jika ada client yang merequest resource yang sama, sehingga mengurangi beban server utama. Sedangkan delegate yakni aplikasi level gateway untuk beberapa tujuan, atau proxy server yang dapat berjalan di beberapa platform (Unix, Windows, MacOS, OS/2).
Delegate sebagai media komunikasi beberapa protokol (HTTP, FTP, NNTP, SMTP, POP, IMAP, LDAP, TELNET, SOCKS, DNS, dll),menjalankan cache dan konversi terhadap data, mengontrol akses dari client dan melakukan routing ke server tujuan. 

Sebelumnya kalian bisa mendownload aplikasi delegate dulu. Oh ya kali ini saya melakukan pada ubuntu 13.04, compiler gcc, g++ dan library build-essential.
1. Extract delegate
    tar -xzvvf delegate9.9.8-pre19.tar.gz
2. Pindah direktori ke forder delegate9.9.8-pre19, lalu kompile dengan menggunakan make
    cd delegate9.9.8-pre19
    make
3. Jika terjadi error seperti di bawah ini
    cc -L../lib -o embed embed.o version.o ../srcsign.o ../lib/library.a ../lib/libcfi.a ../lib/libmimekit.a ../lib/libmd5.a -lnsl -ldl -lutil -lpthread -lstdc++ -lc ../lib/libsubst.a
    undefined reference to 'forkpty'
   Itu karena fungsi forkpty tidak terdefinisi pada file _-forkpty.c, walaupun sudah menyertakan file pty.h, Untuk itu kita perlu mengcompile ulang pada _-forkpty.c yang ada pada folder maker.
      cd maker
      gcc -c _-forkpty.c
      Output :  _-forkpty.o
4. Setelah itu jalakan perintah make lagi.
5. Jika sudah maka bisa melakukan perintah delegate yang ada pada folder src.
6. Jika ingin menggunakan reverse proxy ssl, coba perintah di bawah ini
    ./delegate -P5190  SERVER=https MOUNT=http://223.45.xx.xx:80 STLS=fcl

Pada step no 6, jika ada request ke arah port 5190 dari client maka proxy server akan mengalirkan lagi ke server dengan ip 223.45.xx.xx dalam bentuk protokol http. Cara ini seperti port forward, tapi ada protokol juga yang diganti, sehingga bisa dibilang ini akan mengurangi beban pada server.
Oke kayaknya segitu aja. Kalau ada yang tidak mengerti langsung aja ke web ini.
Sekian, wassalam :senyum

0 komentar:

Posting Komentar