Kamis, 08 November 2012

Debug Project Android di Smartfren Hisense E910

Hari ini mau tulis cara debug project android di Smartfren atau menjalankan applikasi android langsung tanpa melalui emulator yang ada di eclipse. Gw melakukannya di OS ubuntu dengan mengunakan eclipse sebagai IDE nya.
Untuk melakukan debug langsung pada device, kita harus tau spesifikasi device tersebut. Dan yang paling perlu diketahui adalah vendor ID nya. Berikut spesifikasi yg gw dapat dari link lain

Product ID : 0x9114
Vendor ID : 0x109b
Version : 2.29
Serial Number : E910
Speed : Up to 480 Mb/sec
Manufacturer : Hisense
Location ID : 0x26400000  / 3
Current Availablse (mA) : 500

Lalu langkah selanjutnya kita mengedit file adb_usb.ini yang ada di /home/<user>/.android/adb_usb.ini, kemudian tambahkan vendor id ke dalam file tersebut.
Kemudian restart adb server dengan cara ketik di terminal adb kill-server dan adb start-server. Lalu cek apakah device smartfren andro ke detect atau tidak dengan cara ketik adb devices. Akan muncul gambar seperti ini

Kalau tidak restart smartfren, lalu ketik adb devices. Harusnya device smartfren android sudah ke detect.
Jika sudah detect smartfrennya, buka eclipse, run project android kemudian akan muncul device E910.

Catatan
- command adb devices, adb kill-server, adb start-server itu ada di folder android-sdk-linux/platform-tools/. Jadi jika ingin mudah langsung ketik seperti itu, maka setting path android dulu.
- Jika devices masih belum ke detect jg, pertama restart devices, jika belum juga restart PC anda. Tapi gw belum sampe seperti itu sih.

Jika kurang mengerti silahkan lihat link ini.
Selamat mencoba.  :)

2 komentar:

  1. punya ku awalnya bisa, saat ku run on device , terjadi error tidak mau install mas, bis itu ku restart malah sampe sekarang enggk bisa :( , knp y mas ?

    BalasHapus
  2. errornya kenapa ?

    oh iya satu lagi, untuk melakukan debug langsung pada device, koneksi serial pada PC atau laptop tidak boleh dipake secara bersamaan. Contohnya klo make koneksi internet via modem smartfren USB. Hampir dipastikan usb debug ke android tidak kesambung, atau koneksi internetnya putus :D

    BalasHapus